Thursday, July 26, 2012

Self Publishing! Mengapa Tidak?


Sekarang sudah banyak sekali pihak yang menawarkan jasa penerbitan sendiri bagi penulis. Jadi, kayaknya langkah untuk menjadi penulis semakin diperluas dan dimudahkan. Untuk menerbitkan karya, tidak perlu harus mengandalkan penerbit mayor yang notabene kualifikasinya agak sulit, karena harus bersaing dengan karya-karya penulis lain baik yang pemula maupun yang telah punya nama.

Terkadang penerbit mayor lebih mengutamakan nama penulis yang telah terkenal dibandingkan nama-nama baru, walau tidak semua penerbit mayor demikian. Kalaupun tidak mengutamakan siapa penulisnya, biasanya karya yang tertarik diterbitkan penerbit mayor, harus masuk daftar tunggu yang lumayan panjang dan lama. Bisa berkisar 6 bulan lebih hingga 1 tahun.

Solusi lain yang cukup mudah dan cepat untuk bisa menerbitkan buku terutama penulis pemula adalah melalui self publishing. Salah satu Self Publishing yang terdepan di dunia maya, yaitu Leutika Prio. Leutika Prio tidak hanya fokus pada self publishing, penerbit ini juga menjalin kerjasama dengan beberapa penerbit mayor, sehingga penulis self publishing pun karyanya bisa mungkin untuk diterbitkan secara nasional, dan bukunya di pajang di toko-toko buku. Beberapa penerbit mayor yang bekerjasama dengan Leutika Prio, yaitu Leutika, Dahara Prize, Cicero Publishing, dan Penerbit Era Intermedia.

Saat ini, Leutika Prio sedang menggalang buku-buku berkualitas untuk anak-anak yang rencananya akan diterbitkan secara nasional. Sehingga, penulis yang tertarik atau fokus pada dunia literasi anak memiliki peluang besar untuk dilirik karyanya oleh Leutika Prio.

Ayo, goreskan penamu untuk mengukir dunia  (Semangat Menulis)

0 comments:

Post a Comment

 

(c)2009 Mardiana Kappara . Based in Wordpress by wpthemesfree Created by Templates for Blogger