Monday, July 16, 2012

3 Mental Penting Sebagai Penulis!

Ga Pe-de jadi Penulis.
Soalnya kata orang penulis bukan pekerjaan. Jadi penulis ga bisa menghasilkan uang. Penulis cuma sekedar pemimpi. Mau jadi apa kalau jadi penulis? (Ya, pertanyaan yang ambigu banget karena di dalamnya udah mengandung jawaban)

Hm, sampai saat ini, di negeri tercinta kita ini, Penulis, tetap tidak punya tempat yang cukup bergengsi seperti pekerjaan lain. Ya, bisa jadi karena cuma segelintir orang yang cukup berhasil jadi Penulis. Seperti entrepreneur, penulis adalah pilihan pekerjaan yang berani dan ber-ego tinggi. Tanpa tekad, Anda tidak akan mampu menghadapi penilaian yang diberikan lingkungan sekitar.

Selain bermodalkan ketekunan untuk terus mengasah kemampuan demi menghasilkan tulisan berkualitas yang mampu dijual, mental sebagai seorang penulis juga harus dipersiapkan ketika ingin menetapkan PENULIS sebagai pekerjaan tetap.

Mental pertama kali yang harus dimiliki seorang penulis adalah KEYAKINAN pada mimpi yang kita bangun. Semisal harapan Anda adalah, bahwa suatu saat nanti Anda bakal menyamai posisi Andrea Hirata atau Habiburrahman El Shirazy. Pupuk terus harapan tersebut. Yakinilah seyakin-yakinnya. Panjatkan terus doa pada Sang Khaliq.

Mental kedua, JANGAN MUDAH MENYERAH. Setiap pekerjaan yang dilakukan dengan sungguh-sungguh pasti akan membuahkan hasil. Jadi, melangkahlah dari kegagalan-kegagalan. Kalau Donatus A. Nugroho mampu menjadikan pekerjaan menulis cerpen dan artikel di media cetak sebagai sumber penghasilan yang membuat beliau mapan secara materi. Kenapa Anda tidak?

Menulis adalah pekerjaan yang mulia. Selain kesenangan dunia, melalui menulis Anda pun dapat memperoleh kesuksesan akhirat. Mengapa? Sebab apapun agama Anda. Tulisan yang mampu menginspirasi akan memberikan manfaat yang banyak bagi orang lain. Jadi, mental ketiga adalah, jadilah orang yang BERMANFAAT yang sebesar-besarnya bagi orang lain. Bagilah ilmu dan inspirasi dalam tulisan-tulisan yang Anda buat.

Semoga bermanfaat.





4 comments:

Salma Keant said...

tengkyu sist :)

Mardiana Kappara said...

sama-sama, sis... :-)

Adminpplh Bumi said...

Saya pingin jadi penulis...

Mardiana Kappara said...

Jangan berhenti menulis. Menulislah setiap hari.

Post a Comment

 

(c)2009 Mardiana Kappara . Based in Wordpress by wpthemesfree Created by Templates for Blogger