Thursday, October 4, 2012

Thinking Out of The Box

Clara Ng nongol di acara Referensi, Kompas TV, Jumat pagi ini. Jam 08.00 WIB. Pas udah siap ke kantor. Hm, berhubung emang udah terhitung terlambat, kayaknya terlambat lebih dikit sama saja dosanya...hehehe..

Jadi, duduklah dengan manis di muka televisi memandangi Clara Ng. Sosok yang selama ini sering saya dengar, terutama yang berkaitan dengan @ceritamini, sebuah komunitas penulis flash fiction Indonesia di twitter yang terus menjadi pembicaraan.

Ternyata beliau adalah penulis yang menyenangkan. Mengapa demikian?
Sebab semua genre tulisan beliau lahap. Tidak ada kata tidak bisa dalam kamus beliau. Bergaul dengan kaum sastrawan pun semakin mendukung kesukaannya pada dunia menulis. Tetapi dari sekian genre yang tanpa pandang bulu digarapnya. Beliau memfokuskan diri pada genre anak-anak terutama dongeng.

Beliau mengatakan bahwa di Indonesia banyak dongeng atau cerita rakyat yang menarik dari setiap daerah. Tetapi hanya sebatas demikian. Bisa dihitung dengan jari penulis Indonesia yang mengkhususkan diri menggarap dongeng modern.

Padahal mengarang cerita anak-anak kan susah, apalagi kita adalah orang dewasa. Tapi, inilah menariknya Clara Ng. Beliau mengatakan bahwa sebenarnya menjadi orang dewasa itu sangat menyiksa. Karena DEWASA itu semacam penjara yang membuat diri kita tidak bisa berkelana dengan bebas ke manapun. Tetapi, apabila kita bisa membebaskan DEWASA tersebut dan mengembalikannya ke dunia anak-anak, maka jiwa seperti itu akan bisa menulis cerita anak-anak yang menarik dan berkisah dengan cara anak-anak bertutur.

"Thinking out of the box", maka karya kita tidak akan biasa. Kesimpulan tersebut yang akhirnya saya tangkap dari kecerdasan berpikir Clara Ng.

Selain itu, beliau mengatakan bahwa setiap tulisan atau buku akan menemukan jalannya sendiri untuk sampai ke tangan pembaca. Weits! kok pemikirannya sama dengan saya di Publikasi Itu Wajib, bahwa setiap tulisan memiliki takdirnya masing-masing. Jadi, jangan banyak keraguan untuk menulis. Tulis saja. Pasti ada saja yang akan membaca dan menyukai tulisan tersebut.


0 comments:

Post a Comment

 

(c)2009 Mardiana Kappara . Based in Wordpress by wpthemesfree Created by Templates for Blogger