Thursday, July 19, 2012

Pertikaian 1 Ramadhan

Di negeri tercinta ini, 1 Ramadhan selalu menjadi permasalahan. Dikarenakan agama tidak bisa memaksakan kehendak. Agama adalah keyakinan. Bahkan pemerintah sebagai Ulil Amri harus bersifat bijak. Tapi akibatnya, rakyat yang jadi bingung dan diresahkan. Mungkin terdengar sepele. Cuma masalah hari memulai puasa. Tapi benarkah cukup sepele? Ternyata efek dari hasil sidang isbat mempunyai efek bola salju bagi masyarakat. Seperti sepakbola, masalah Ramadhan pun menimbulkan beberapa masalah lain hingga menyambut Hari Raya Idul Fitri.

Sulit kah kita membulatkan suara demi sebuah kebersamaan?
Kenapa tidak kita kalahkan saja ego demi kemaslahatan umat?
Benar juga kata Deddy Mizwar, Lucunya Negeri Ini, sampai soal agama pun kita sering tidak kompak cuma lantaran kepentingan. Boleh saja kita berbeda. Tetapi, tidak bisa kah kita redam perbedaan itu jangan sampai menguap ke permukaan. Kayak sebuah hubungan rumah tangga, tak mampu kah kita bertengkar tanpa harus melibatkan telinga tetangga?

Untuk permasalahan seperti ini, sebenarnya sebagai umat kita sedang diuji oleh situasi. Persatuan dan kesatuan sedang masuk dalam ring pertikaian. Bisa jadi ia keluar dengan babak belur atau meninggal sama sekali. Cukup siap kah kita menghadapi kondisi itu?

Modern dan tradisional bisa dijembatani. Tetapi, jembatan itu tetap membutuhkan kelapangan dada dari masing-masing pihak.

0 comments:

Post a Comment

 

(c)2009 Mardiana Kappara . Based in Wordpress by wpthemesfree Created by Templates for Blogger