Wednesday, April 4, 2018

Konsistensi dan Waktu Sebagai Penentu Kualitas Menulis


Saya beruntung menemukan video di atas di Facebook seorang teman. Karena video berdurasi tidak sampai 5 menit itu sangat memotivasi. Kalau saya sedang down dengan tulisan saya, saya akan menonton video itu dan merasa perjuangan saya dalam dunia menulis saat ini belum ada apa-apanya. Saya tidak boleh berhenti. Perjuangan harus terus berjalan.

Tak ada yang terlalu cepat atau terlalu lambat untuk dimulai. Tidak akan ada usaha yang sia-sia selama itu dijalani dengan kesungguhan dan ketulusan. Bukan masalah berapa lama kamu telah menggeluti dunia tulis menulis, bukan masalah berapa banyak karya yang telah kamu kirimkan ke penerbit atau redaksi media massa yang kemudian ditolak, bukan masalah berapa banyak sudah pengorbanan yang telah kamu lakukan untuk menunjukkan karya-karyamu pada orang lain tetapi tidak mendapatkan respon seperti yang kamu harapkan. 

Tetapi, apakah kamu mau bangkit dari kegagalan demi kegagalan, cemoohan demi cemoohan, bertahan dan tetap konsisten menulis pada kondisi apapun, bekerja keras untuk meningkatkan mutu dan karakter tulisanmu tanpa mengenal rentang waktu.

Kalau kamu mampu melalui semua tahapan itu, maka sesuai jadwalnya, sesuai waktunya, sukses itu akan berada di tanganmu.

Karena itu, jangan menyerah untuk menulis hanya ketika tidak satu orang pun membaca apa yang kamu tulis. Jangan rendah hati ketika semua orang meremehkan apa yang kamu tulis. Jangan pergi ketika semua orang meninggalkan karya-karyamu. Menulislah untuk sesuatu yang harus kamu yakini akan datang padamu.

Menulis bukanlah pekerjaan mudah, tetapi bukan mustahil untuk menghasilkan sebuah masterpiece. Semua adalah masalah konsistensi dan waktu. Apabila kamu konsisten untuk menulis, maka pada satu titik waktu, engkau akan menemukan orang-orang yang melihat karyamu.






1 comments:

Philip Norman Setiawan said...

Salah satu Motivator kesukaan saya ni yang di vidio hehe sekali-sekali bisa bahas vidio2 Prince Ea atau Gary Vee hehe

Di tunggu BW balik nya KaK di Solusionline.id

Post a Comment

 

(c)2009 Mardiana Kappara . Based in Wordpress by wpthemesfree Created by Templates for Blogger